Kamis, 20 Juli 2017

Entah Kenapa Lantai Dasar Stasiun Gondangdia Belum Juga Dimanfaatkan



Agak bingung juga. Sudah lumayan lama, setidaknya 2-3 tahun, sejak lantai dasar Stasiun Gondangdia, Jakarta dibersihkan dari kios para pedagang.

Banyak rumor saat itu beredar, selain karena demi meningkatkan pelayanan dan kenyamanan para penumpang, juga di lokasi tersebut akan dirapikan dan dibuat menjadi perkantoran.

Kabar yang menyenangkan tentunya karena kalau ada perkantoran suasana di lantai dasar tidak akan sekumuh saat kios-kios pedagang mendominasi. Lebih nyaman pastinya.

Sayangnya, hingga saat ini, ternyata tidak ada perkembangan pasti tentang kelanjutan dari "pembersihan" itu.



Lantai dasar stasiun Gondangdia masih saja kosong. Lahan bekas kios masih sama seperti sehabis pembersihan pedagang selesai. Terlihat sisa tiang-tiang bekas kios. Hanya saja, agak tertutup karena di sekitar lokasi ditutupi papan dan terlihat lebih rapi.

Sayangnya, ada satu yang tetap sama.

GELAP.

Karena aliran listrik yang dulu mengalir ke kios-kios dicabut, maka di area tersebut tidak ada penerangan. Alhasil, suasananya menjadi gelap.

Soal keamanan bukan masalah karena petugas rutin melakukan patroli dan pengawasan agar area tersebut tidak digunakan untuk sesuatu yang "tidak benar".


Sayang saja. Lahan di Jakarta sudah semakin sulit didapat dan harga sewa perkantoran per meter persegi juga terus melambung.

Bayangkan saja, jika area yang luasnya melebihi 5000 meter persegi itu disewakan, pastilah pendapatan PT KAI makin bertambah. Ujungnya kalau pemasukan bertambah, modal untuk membangun perkereta apian juga makin banyak. Penumpang juga beruntung karena tentunya pelayanan akan semakin baik.

Tetapi, yang pasti satu hal. Jika area di lantai dasar stasiun Gondangdia sudah dimanfaatkan, suasana disana tidak gelap dan muram lagi. Bagaimanapun tidak enak melihat suasana tersebut meski tidak pernah nongkrong disana.

Pasti lebih enak kalau terang dan ada aktifitas manusia.

Artikel Terkait