Jumat, 30 Juni 2017

Kreatifitas dan Kejelian Menangkap Peluang Bisa Memberikan Penghasilan Dari Sesuatu Yang Sederhana


Kebanyakan orang berpikir bahwa untuk mendapatkan penghasilan berarti harus bekerja di kantor, berangkat pagi, pulang malam. Padahal sebenarnya tidak demikian. Mencari nafkah atau penghasilan bisa dilakukan dengan banyak cara.

Yang terpenting adalah adanya kemauan, kreatifitas, dan kejelian menangkap peluang. Cukup dengan semua itu maka sesuatu hal yang sederhana, dan tidak pernah terbayangkan bisa menghasilkan uang, ternyata bisa menjadi sumber penghasilan bagi mereka yang mau berusaha.

Contoh sederhana terwakili dalam foto di atas. Sebuah foto yang diambil di Curug (Air Terjun) Cilember di kawasan Cisarua, Kabupaten Bogor ini.

Mungkin, banyak yang bertanya apa yang sedang dilakukan orang dalam foto itu? Untuk apa ia membentuk sebuah taman kecil menjadi berbentuk kupu-kupu dengan tanaman berbagai warna? Apa yang didapat dari hal itu?

Yah, jawabannya, orang tersebut sedang bekerja dan mencari nafkah.Taman kecil tersebut adalah sarana yang memberikannya penghasilan.

Curug Cilember adalah sebuah kawasan wisata yang cukup terkenal di kawasan Puncak. Ribuan orang mendatanginya setiap akhir pekan. Di dalam ribuan orang wisatawan yang datang tersebut, banyak diantaranya mereka yang sedang menjalin hubungan, berpacaran, atau bahkan berbulan madu.

Tentunya, saat sedang datang berdua dengan si dia, pastilah pasangan tersebut ingin mengabadikan kebersamaan. Sayangnya, terkadang, di sebuah lokasi wisata seperti air terjun, susah ditemukan sesuatu yang unik dan bisa menjadi latarbelakang sebuah foto yang bisa mengekspresikan rasa cinta, bahagia, dan tentunya unik.

Nah, peluang itulah yang tertangkap oleh beberapa orang penduduk lokal di kawasan tersebut. Mereka menyediakan taman mini berbentuk unik dan dihiasi warna-warni dari tanaman yang dipasang.

Temanya beragam, mulai dari gambar hati hingga kupu-kupu.


Orang-orang ini hanya memanfaatkan beberapa lahan kosong dipojokan yang jarang disinggahi pengunjung. Modalnya adalah bunga-bunga dan tanaman berwarna mencolok, serta sedikit rumput dan tentunya kerja keras dan kreatifitas menentukan tema.

Hasilnya, sebuah latar belakang yang unik dan sesuai dengan tema romantis yang tentunya mengundang mereka yang sedang kasmaran untuk berfoto bersama dengan latar belakang unik ini.

Biayanya tidak mahal dan terjangkau oleh semua orang.

Cuma, karena banyak yang menggunakan jasa taman mini ini, penghasilan orang-orang kreatif ini cukup lumayan setiap harinya, apalagi di akhir pekan atau libur panjang.

Dan hasilnya tentu mereka bisa memenuhi kebutuhan dapur dan rumahtangga.

Bukankah sama saja dengan menjadi karyawan di kantor? Tidak beda.

Sebuah contoh, jika seorang mau berusaha dan menggunakan akal pikirannya, maka mencari nafkah tidak lagi dipersempit artinya dengan batasan "bekerja di kantor". Ada banyak cara lain, selama mau berkreasi dan jeli melihat peluang.

Artikel Terkait