Kamis, 29 Juni 2017

Crane Terkuat di Dunia Ini Sanggup Mengangkat Kapal Hingga Pengeboran Minyak Lepas Pantai Dalam Keadaan Utuh

crane terkuat di dunia Taisun
Kredit Foto Wikimedia Commons

Pernah lihat yang namanya "crane"? Tentunya sudah jika Anda pernah melewati pelabuhan dan biasanya alat ini dipergunakan untuk melakukan bongkar muat kontainer di pelabuhan. Memang alat ini ditujukan untuk mengangkat beban-beban berat yang tidak mungkin dilakukan oleh manusia.

Terkadang melihat bagaimana sebuah crane menurunkan sebuah kontainer berukuran 40 feet dengan berat sekitar 10-20 ton saja, lidah kita sudah berdecak kagum. Padahal hal itu tidak seberapa dibandingkan yang bisa dilakukan crane terkuat di dunia.

Berapa beban yang bisa diangkat oleh crane terkuat di dunia? Cobalah bayangkan bagaimana membangun sebuah pengeboran minyak lepas pantai di laut yang bergelombang? Tentunya banyak dari kita membayangkan bahwa bangunan itu dirakit di laut, padahal kenyataannya tidak.

Banyak pengeboran lepas pantai dirakit di daratan dan di galangan kapal. Barulah kemudian diangkut ke lokasi dimana pengeboran akan dilakukan.

Bagaimana bisa?

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan tenaga crane untuk memindahkannya dari galangan ke laut sebelum kemudian ditarik ke lokasi.

Berat? Pasti karena beratnya bisa mencapai ribuan ton.

Tetapi, dengan menggunakan crane terbesar di dunia ini hal itu bisa direalisasikan. Sebab, Guinness Book of World Record mencatat bahwa beban terberat yang bisa diangkat oleh crane terkuat di dunia adalah lebih dari 20.000 tom.

Jika sulit membayangkannya, bayangkan saja 4-5 kapal feri yang penuh pemudik lebaran di pelabuhan Merak diangkat sekaligus.

Crane terkuat saat ini diberi nama Taisun, atau Taishan, sebuah gunung tertinggi di Propinsi Shandong, Cina (Tiongkok). Selesai dibangun pada tahun 2008 ini hingga sekarang sudah memecahkan beberapa kali rekor dunia beban terberat yang bisa diangkat oleh sebuah crane.

Artikel Terkait