Sabtu, 24 Juni 2017

Coba Cara Sederhana Ini Untuk Menghilangkan Ailurophobia atau Phobia Kucing


Pernah melihat seorang dengan AILUROPHOBIA atau Phobia Kucing? Seorang yang mengidap phobia ini benar-benar bisa langsung melompat ke atas kursi atau histeris kalau seekor kucing berada di dekatnya, bukan menyentuh atau menggesek-gesekan badannya, hanya sekedar lewat. Tidak jarang juga yang langsung kabur terbirit-birit ketika seekor kucing datang mendekat dalam jarak 2 meter dari dirinya.

Padahal, kucing adalah hewan peliharaan umum di banyak masyarakat. Wajahnya yang imut dan sifat manjanya membuat hewan karnivora ini sangat disukai.

Sayangnya, tidak demikian bagi pengidap ailurophobia.

Adik saya pernah mengalaminya.

Tetapi, ia berhasil mengatasinya. Bahkan, sekarang kucing peliharaannya banyak sekali dan ia bisa menangis ketika salah satu kucingnya mati.

Yang menyebabkannya sembuh dari phobia terhadap kucing dimulai dengan awal yang sederhana. Tidak memerlukan biaya untuk pergi ke psikiater dan melakukan terapi.

Kesembuhannya dimulai, ketika ada kucing kampung yang mampir ke rumah. Namanya kucing non ras seperti ini memang selalu berkeliling mencari makanan. Karena kasihan terhadap kucing ini, ia mulai mencoba memberi makan.

Belum. Dia belum berani menyentuh sama sekali. Hanya memberi makan dan kemudian menjauh, sambil tetap memperhatikan.

Namanya kucing, sekali diberi makan ia akan datang lagi dan lagi. Mau tidak mau, adik saya terus menyediakan makanan buat si kucing. Perlahan tapi pasti ada interaksi, si kucing kampung betah, dan adik saya mulai berani mendekat. Mulanya mengamati dari jarak jauh, terus mendekat hingga jarak satu meter.

Seterusnya bisa dibayangkan, ia mulai mencoba mengelus.

Hingga akhirnya saat ini, tidak lagi terlihat bahwa ia pernah menjerit-jerit ketika seekor kucing bernama Jagu menggesek-gesekkan kepalanya minta dielus. Sekarang justru ia menggendong kesana kemari dan bermain dengan kucing peliharaannya yang berjumlah lebih dari 5.

Jadi, kalau Anda juga takut kepada kucing, atau pakai istilah keren pengidap ailurophobia, cobalah mulai memberi makan secara rutin. Tidak perlu langsung mengelus, cukup memberi makan. Biarlah semua mengalir seperti air karena tetap akan butuh waktu.

Hanya, sesuai apa yang biasa dikatakan para dokter/psikiater adalah, phobia atau ketakutan harus dilawan kalau mau sembuh. Memberi makan bisa menjadi langkah awal melawan dan menyembuhkan ailurophobia atau ketakutan terhadap kucing.

Silakan coba.

Artikel Terkait