Kamis, 29 Juni 2017

Butuh Kursi Roda di Stasiun, Jangan Ragu Untuk Meminta Kepada Petugas


Semua orang tentunya ingin sehat, apalagi mereka sedang dalam perjalanan. Sayangnya, terkadang situasi di lapangan terkadang membuat badan kita menjadi lemah, lemas, dan tak berdaya karena tiba-tiba demam atau lain hal.

Pada saat demikian, tentunya kita membutuhkan bantuan yang bisa membantu kita tetap melakukan  perjalanan ke tujuan. Salah satu alat bantu yang bisa dipergunakan dalam hal ini adalah kursi roda, sehingga tubuh yang sedang tidak sehat tidak perlu terkuras lebih jauh dengan harus berjalan. Dengan begitu kita bisa tetap meneruskan perjalanan sampai ke tujuan.

Jika hal itu terjadi, semoga tidak, dan Anda butuh kursi roda di stasiun kereta, jangan pernah ragu untuk mengatakannya kepada petugas.

Sejak beberapa tahun terakhir, terutama setelah PT KAI (Kereta Api indonesia) dan anaknya PT KCJ (KAI Commuter Jabodetabek) ditangani oleh Pak Jonan dan penerusnya, banyak sekali perbaikan yang sudah dilakukan. Berbagai sarana dan prasarana penunjang dipersiapkan dan diperlengkapi. Kereta Indonesia sudah mengarah pada satu tujuan menjadi transportasi publik yang "passenger friendly" alias ramah penumpang.

Kursi roda salah satunya. Banyak penumpang penyandang cacat yang tentunya memerlukan bantuan benda ini. Begitu juga para penumpang yang tiba-tiba kesehatannya menurun di tengah jalan. Benda ini sangat membantu membawa mereka meneruskan perjalanan atau ke tempat dimana mereka beristirahat.

Berdasarkan pengamatan, sepertinya selalu terdapat satu buah kursi roda yang disiapkan untuk mengantisipasi kejadian seperti di atas. Ketersediaannya bukan hanya di stasiun besar seperti Gambir, tetapi juga di stasiun kecil. Foto di atas adalah buktinya.

Foto tersebut diambil di stasiun Cilebut, Kab. Bogor. Sebuah stasiun yang hanya melayani Commuter Line Bogor - Jakarta. Satu lagi yang pernah saya lihat adalah di stasiun Gondangdia. Sepertinya, semua stasiun kereta memiliki cadangan kursi roda untuk membantu para penumpang.

Sebuah hal yang perlu diapresiasi.

Jadi, kawan pembaca, bila Anda merasa butuh kursi roda dan tentu saja bantuan petugas di stasiun atau di dalam kereta, jangan pernah ragu untuk mengutarakannya. Percayalah, Anda akan mendapatkan bantuan yang dibutuhkan.

Kereta Indonesia sudah berubah jauh dibandingkan sebelumnya.

Artikel Terkait