Rabu, 28 Juni 2017

Alasan Mengapa Memotret Bunga Adalah Langkah Awal Yang Bagus Bagi Pemula Dalam Fotografi


Sederhana. Tidak rumit. Mungkin karena itulah memotret bunga bisa menjadi langkah awal yang bagus bagi siapapun yang ingin menekuni fotografi.

Memang, tidak heboh dan sangat mainstream karena sudah, entah berapa juta, foto bunga yang bertebaran di dunia ini. Bukan hanya pemula, tetapi mereka yang sudah mencapai level intermediate ataupun advance dalam fotografi pun tetap, walau tidak selalu, akan memotret bunga.

Tetapi, bunga adalah menawarkan banyak hal yang bisa memberikan ruang pembelajaran awal dalam menekuni cara memotret dan menghasilkan foto yang bagus.

Perhatikan saja beberapa sifat bunga dipandang dari sudut fotografi.

1. Statis

Pemula pastilah belum menguasai kameranya 100%. Banyak hal yang belum bisa dilakukan, terutama dalam memotret benda yang bergerak alias dinamis.

Sifatnya yang statis tentu menguntungkan karena sang fotografer bisa memakai setting termudah, seperti setting auto tanpa harus berpikir terlalu rumit. Perhatian bisa terfokus pada obyeknya saja

2. Penempatan Obyek dalam Foto (Komposisi)

Dengan tidak terfokus pada settingan kamera untuk menangkap obyek, sang pemula bisa memiliki waktu lebih untuk berpikir dimana mereka ingin menempatkan sang obyek, bunga dalam fotonya. Di sebelah kiri, kanan, tengah, atas, atau bawah.

Banyak waktu untuk berpikir dan berbeda dengan obyek yang dinamis yang hanya memberikan sepersekian detik bagi fotografer untuk berpikir.

3. Warna Yang Menarik

Setiap bunga memiliki paling sedikit 2 warna dan biasanya menarik. Kodrat bunga memang agar hewan penyerbuk tertarik dan salah satunya adalah warna.

Bagi seorang pemula, hal itu tentu akan mempermudah. Ia tidak perlu lagi berpikir apakah obyeknya cukup menarik atau tidak. Setiap bunga hampir pasti sudah menarik. Bahkan bunga bangkai sekalipun.

Ia hanya perlu menyesuaikan dengan latar belakang yang diinginkan saja.

4. Kecil

Ukuran bunga jarang yang besar, kecuali beberapa seperti Rafflesia Arnoldi dan Bunga Bangkai. Dengan begitu tidak akan terlalu repot untuk menempatkan ruang, dan bahkan tidak perlu bergerak terlalu banyak agar obyek bisa masuk ke dalam frame foto/lensa.

5. Sudut Pengambilan Gambar/Foto

Sifat statisnya membawa keuntungan lain. Seorang pemula bisa mencoba berbagai sudut pengambilan foto yang bisa memenuhi kemauan atau ide yang ada di kepalanya. Bunga tidak akan berpindah tempat,

Bandingkan dengan saat hendak memotret seorang yang sedang berjalan dimana momennya hanya ada sekali dan tidak akan berulang. Memotret bunga tidak perlu seperti itu dan bisa dilakukan berulangkali dari berbagai sudut yang diinginkan.

Jadi, walaupun sederhana dan tidak heboh, memotret bunga adalah langkah awal yang paling baik untuk mengasah keterampilan memilih obyek, mengatur setting kamera, dan mengambil sudut pengambilan gambar yang pas.

Tidak perlu malu atau merasa sungkan. Semua orang sudah pasti akan memulai dari awal dan tidak akan langsung menjadi pandai.

Sayapun hingga kini masih memotret bunga. (Mungkin karena saya masih pemula juga)

Artikel Terkait