Kamis, 08 September 2016

Blog Terbengkalai Melahirkan Rasa Malu

Saking mudahnya membuat blog, terkadang orang tidak bisa dengan begitu mudah meninggalkannya ketika dirasa sudah tidak sesuai dengan apa yang dimau.

Memang di masa sekarang ini, kemudahan membuat sesuatu membuat orang menganggap enteng dan kurang menghargai.

Saya, akui kalau mungkin saya termasuk salah satu yang disebutkan di atas.

Blog Umum Sekali memang dibuat hampir tanpa biaya karena memanfaatkan blogspot yang gratis. Mungkin secara tidak sadar ada ketidakpedulian kalaupun blog ini tidak berjalan dengan baik. Apalagi blog ini memang tidak dibuat dengan target khusus, jadi tidak perlu mendapat perhatian lebih.

Hasilnya, blog ini seperti terbengkalai dan tidak lagi diurus.

Hari ini, saya membaca kembali beberapa tulisan disini, dan rasanya ada rasa bersalah telah menyia-nyiakan sesuatu yang seharusnya bisa bermanfaat, baik bagi diri sendiri atau orang lain.

Perasaan malu juga karena telah menganggap remeh berbagai fasilitas "gratis" yang sudah diberikan tanpa memberikan sesuatu kepada orang lain.

Berdasarkan perasaan seperti itulah, saya memutuskan untuk mengaktifkan kembali Blog Umum. Memang belum tahu harus dibawa kemana blog gado-gado ini, tetapi pasti ada jalan untuk memanfaatkannya dengan lebih baik daripada hanya sekedar menjadi sampah di dunia blog.

Apalagi cukup banyak waktu dan energi yang tercurahkan untuk membuat blog ini. Sesuatu yang seharusnya tidak dibuang begitu saja.

Semoga blog terbengkalai ini bisa hidup lagi dan memberikan manfaat, tentunya dengan arah dan mungkin wajah yang baru.


Artikel Terkait