Kamis, 08 September 2016

Berubah Arah Mendadak Itu Sudah Pasti Menyulitkan

Tags


Kalau bajaj berbelok tanpa menyalakan lampu sein, pengemudi di belakangnya sudah pasti mengumpat-umpat. Klaksonnya pasti akan ditekan sekeras-kerasnya, kaca jendela dibuka dan kepalan tangan diacungkan.

Supir bajajnya, biasanya dengan santainya akan tetap melaju dan tidak peduli. Paling banter, kalau sedang membawa penumpang, mereka lah yang akan ngomel panjang pendek tidak keruan, atau mungkin hanya sekedar mengelus dada. Sudah biasalah hal itu terjadi.

Cuma sekarang kalau sebuah blog tiba-tiba berubah haluan, apa yang akan terjadi?

Apakah pembacanya akan komplen atau ngomel? Apakah biasa-biasanya saja? Apakah kabur?

Tidak tahu juga. Belum pernah mengalami. Lagipula kebanyakan blog yang saya miliki sebelum ini kebanyakan blog gado-gado, jadi memang arahnya sudah seperti kucing mabuk arak. Tidak jelas. Kalau sudah tidak jelas lalu bagaimana bisa tahu arah, betul tidak Kawan?

Blog ini sebenarnya memang tidak pernah ditargetkan untuk pasar tertentu. Sengaja dibuat gado-gado pada awalnya supaya sang empunya tidak bosan hanya menulis tentang stau topik terus menerus. Namanya manusia, banyak ide bersliweran kesana kemari dan rasanya sayang kalau tidak dijadikan bahan tulisan. Hasilnya, ya sebuah blog dengan beragam topik, ide, pembahasan, dan gaya mirip sekali dengan pikiran yang ada di kepala yang punya.

Ruwet bin rumit.

Nah, sekarang setelah beberapa lama blog Umum Sekali terlantar karena kesibukan dan banyak blog lain, hari ini, blog ini akan kembali diurus, hanya sepertinya perlu dilakukan perubahan haluan. Masalah utama adalah yang punya blog umum sudah punya 2-3 blog umum alias gado-gado lainnya.

Rasanya terlalu banyak.

Jadi kemungkinan besar blog umum sekali akan segera dijadikan dengan topik yang lebih sempit dan paling tidak agak spesifik, supaya nuansanya agak lebih serius dan tidak terlalu "ngeblog" gitu. Topiknya belum diputuskan, mungkin soal politik, atau olahraga, atau gosip.. ehh nggak deh, tidak pernah suka gosip.

Untung sekali blog ini, masih sangat sedikit pengunjungnya, jadi tidak akan ada komplen rasanya. (Lha ya wong tidak ada yang baca, lalu siapa yang mau komplen).

Sebagai langkah awal, blog ini diberi baju yang baru, tempalte Flatness buatan Sora Templates, yang versi premium alias berbayar lo. Paling tidak supaya menunjukkan bahwa ada modal yang dikeluarkan sang pemilik untuk menandai dimulainya kembali pengurusan Blog Umum Sekali.

Seperti apa bentuknya? Tunggu saja.

Yang punya juga belum tahu mau seperti apa.



Artikel Terkait