Jumat, 08 Juli 2016

Penghasilan Adsense Menurun Saat Lebaran

Tags


Anda salah seorang publisher Adsense di Indonesia? Kalau Anda sampai ke artikel ini dan membacanya besar kemungkinan Anda adalah seorang Adsense Publisher. Kalau tidak, rasanya artikel yang spesifik ini tidak akan menarik perhatian Anda. Bukan begitu?

Nah, Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriyah baru saja berlalu. Hampir pasti Anda segera memperhatikan grafik pendapatan dan klik yang terjadi di hari besar tersebut. Heran kah Anda melihat kalau penghasilan Adsense menurun tepat di dua hari Lebaran tersebut? Padahal Anda melihat pula grafik pengunjung (terutama bila blog Anda tentang wisata atau makanan) naik.

Kalau Anda heran, bila blog Anda memakai bahasa Indonesia, saya sarankan "Jangan".

Ini pengalaman setelah melalui dua kali Lebaran sebagai Adsense Publisher. Kecenderungannya memang selalu demikian setiap tahun.

Tentu hal tersebut bertentangan dengan berbagai teori bahwa kenaikan jumlah pengunjung biasanya berimbas pada kenaikan jumlah klik iklan. Sayangnya, teori tersebut tidak seratus persen tepat karena beberapa hal.

Hal-hal yang saya maksud ini berkaitan dengan kebiasaan yang sebenarnya bukan hanya ada di Indonesia, tetapi juga di negara lain dalam menyambut Hari Raya. Beberapa hal itu adalah :

Fokus Bukan Pada Belanja


Pada saat Lebaran atau Hari Raya, fokus utama adalah bersilaturahmi dengan keluarga, kerabat, teman,, kenalan dan lain sebagainya. Tentu, sulit untuk mengharapkan orang tertarik pada iklan kalau perhatian mereka tercurah ke hal lain

Masa Belanja Sudah Usai

 Saat Lebaran adalah saat untuk memakai apa yang sudah dibelanjakan dan bukan berbelanja. Jadi, pada saat itu minat belanja justru sedang berada pada posisi terendah.

Masa Liburan Belum Tiba

Memang secara resmi, Lebaran adalah hari libur, tetapi kenyataannya semua orang akan sibuk untuk pergi berkunjung atau mudik atau dalam perjalanan ke kampung halaman. Saat itu mereka masih beraktifitas yang bahkan memakan waktu lama.

Jadi, kemungkinan besar belum ada waktu yang bisa dipergunakan untuk mempertimbangkan sebuah pembelian.

Pengiriman Akan Tertunda

Bahkan mereka yang terbiasa berbelanja secara online pun menyadari bahwa pengiriman barang akan memakan waktu yang lebih lama dari biasanya. Seperti sudah menjadi rahasia umum bahwa transportasi di Indonesia akan terganggu selama masa liburan Lebaran.

Bukan hanya karena jalanan macet tetapi juga karena banyak jasa pengiriman barang atau kurir juga untuk sementara meliburkan operasinya. Hal ini tentu akan mengganggu pengiriman barang yang dipesan.

Oleh karena itu biasanya pembeli online akan menunda pembelian hingga transportasi dan pengiriman barang kembali normal. Jadi mereka meskipun tertarik akan menunda proses pembelian atau bahkan sekedar melihat apa yang bisa dibeli.

Jadi, itulah mengapa saya pikir kalau penghasilan adsense menurun saat Lebaran bukanlah hal yang harus ditakuti atau diherankan. Semua ini menyesuaikan dengan situasi di kehidupan masyarakat Indonesia.

Biasanya beberapa hari setelah hari besar itu terlewati, pergerakan grafik pendapatan adsense akan eberangsur normal seiring dengan normalnya kehidupan masyarakat.






Artikel Terkait