Jumat, 08 Juli 2016

Istilah Fotografi : EXIF DATA atau EXIF INFORMATION Bisa Menghindari Tertipu

Tags


Apa itu EXIF data atau EXIF INFORMATION? Apa pentingnya?

Pernahkah Anda melihat sebuah foto yang sangat memukau tetapi feeling Anda mengatakan ada sesuatu yang kurang natural dari foto tersebut?

Pasti pernah. 

Di era digital masa kini sebenarnya hal tersebut bukanlah aneh. Sebuah foto sangat mudah diotak-atik dan disesuaikan dengan ide dan image yang ingin ditampilkan. Seorang yang jerawatan bisa saja terlihat menjadi mulus kulitnya atau seseorang menjadi terlihat sangat putih padahal model aslinya kulitnya coklat.

Semua itu bisa dilakukan dengan software photo editting.

Kalau Anda penasaran tentang seberapa asli foto yang memukau tersebut, tentu sulit untuk menanyakan langsung kepada modelnya. Apalagi kalau modelnya adalah binatang atau benda mati, mereka tidak akan bisa berbicara. Betul tidak?

Nah, sebenarnya hal tersebut bisa dilakukan dengan memanfaatkan komputer Anda dengan melihat yang namanya EXIF DATA atau EXIF INFORMATION.

EXIF DATA atau EXIF INFORMATION


EXIF adalah singkatan dari Exchangeable Image Format.

Data ini tidak akan terlihat pada foto yang dihasilkan kamera. Tetapi, setiap foto yang dihasilkan oleh kamera digital akan menyimpan data ini dalam setiap fotonya.  Setiap foto.

Data yang tersimpan sangat lengkap. Ada data kapan foto diambil, ada data ISO, Aperture, Shutter Speed dan masih banyak lagi data yang disimpan.

Contohnya, untuk foto asli anggrek bulan seperti yang ada di atas memiliki exif data seperti screenshot di bawah ini :

Dari sini Anda bisa melihat berbagai data dari foto tersebut dan bagaimana saya mengatur setelan kamera supaya bisa menghasilkan foto seperti itu.

Apa Pentingnya Mengetahui EXIF Data?

Teknis Pengambilan Foto
 
Bagi seorang penggemar fotografi data-data ini sangat berharga.

Dengan data-data ini , seorang fotografer bisa meniru teknik mengambil gambar dan settting kamera. Bila ia menghendaki.

Apalagi bagi yang baru saja belajar fotografi. Mereka bisa meniru bagaimana seorang fotografer kawakan menghasilkan gambar yang memukau.

Hasil Modifikasi atau Tidak

Dengan melihat EXIF Data kita juga bisa melihat sejarah perjalanan foto tersebut.

Memanfaatkan banyak sekali applikasi gretis yang bisa di download internet, maka bisa terlihat apakah sebuah foto sudah mengalami pengeditan atau memang begitu adanya.

Salah satu software gratis yang saya sarankan adalah Photo Data Explorer. Gratis tidak berbayar dan tanpa iklan. Silakan download di sini . Mudah sekali. Hanya perlu download dan langsung dipergunakan tanpa harus menginstall.

Sebagai contoh pemanfaatan software Photo Data Explorer ini adalah sebagai berikut.

Untuk itu saya buatkan sebuah foto yang sudah mengalami pengeditan. Foto asalnya berasal dari foto yang sama dengan yang di paling atas. Bisakah Anda menemukan perbedaan antara keduanya?


Lalu saya buka kedua foto tersebut untuk melihat EXIF data keduanya. Dan hasilnya adalah sebagai berikut

Screenshot Foto#1
:


Screenshot Foto#2

Perhatikan yang diberi kotak warna merah!

Pada foto pertama tercantum : Digital Camera Fuji Finepix HS 35EXR
Pada foto kedua tercantum : Photoscape

EXIF Data foto pertama menyebutkan "Digital Camera+ beserta merk camera yang dipergunakan. EXIF Information foto kedua tidak ada. Yang tercantum adalah Photoscape, salah satu software yang biasa digunakan untuk emngutak atik kamera. Selain itu masih ada beberapa hal lainnya yang menunjukan perbedaan, tetapi dengan memperhatikan yang satu ini maka kita bisa mengetahui apakah fotonya sudah diedit atau belum.

Bahkan, tanpa perlu ada foto aslinya. Bila foto yang asli dan langsung keluar dari kamera akan tercantum Digital Camera sedangkan yang sudah diedit tidak akan ada informasi ini.

Itulah salah satu guna mengetahui EXIF Data sebuah foto. Anda tidak akan langsung terpukau dan jatuh cinta pada seseorang yang Anda kenal hanya lewat fotonya di jejaring media sosial.

Anda bisa melakukan pengecekan dulu apakah memang ia secantik atau seganteng fotonya dengan cara melihat apakah fotonya sudah diedit atau belum. Kalau sudah diedit, berarti Anda paling tidak mengetahui bahwa aslinya tidak akan sebagus fotonya.

Cara lain melihat EXIF Data

Kalau Anda hanya perlu untuk belajar saja, ada cara lain yang lebih sederhana walau tetap memerlukan komputer dengan operasi Windows.

Salah satu aplikasi inti Microsoft Windows, yaitu Windows Explorer bisa menunjukkan EXIF Data dari sebuah foto. Caranya :

  • Buka Windows Explorer
  • Sorot foto yang hendak dicek
  • Klik Kanan dan pilih "Properties"
  • Pilih "Details"
EXIF data foto yang dimaksud akan tampil di layar monitor.

Sayangnya, cara ini tidak bisa menunjukkan apakah foto tersebut sudah diedit atau belum. Data yang ditampilkan masih sama antara foto yang belum dan sudah diedit. Padahal hal ini penting untuk proses belajar.

Bayangkan, Anda sudah coba meniru semua settingan dari sebuah foto tetapi ternyata hasilnya jauh dari harapan dan foto yang Anda lihat. Padahal kalau berdasarkan hasil ck EXIF di Windows Explorer sudah sama.

Lalu dimana bedanya?

Kalau kita mengetahui sebuah foto sudah mengalami pengditan, hal itu bisa dihindari. Settingan foto yang sudah diedit seharusnya tidak sama dengan yang keluar dari kamera digital. Jadi datanya seharusnya berubah. Sesuatu yang tidak bisa ditunjukkan kalau hanya memakai Windows Explorer.

Nah, dengan memanfaatkan tool atau aplikasi seperti Photo Data Explorer tadi kita bisa melihat dengan lebih detail apakah sebuah foto sudah diedit atau belum. Kalau sudah diedit, lebih baik kita tidak melakukan settingan sesuai dengan fotonya karena data tersebut tidak akan sesuai dengan data di kamera. Hasilnya juga tentu akan jauh berbeda.

Itulah salah satu poin mengapa penting mengetahui EXIF Data sebuah foto.

Mudah-mudahan bermanfaat.



Artikel Terkait