Rabu, 20 Juli 2016

Blog Gado-Gado Untuk Lahan Eksperimen Gaya Menulis

Tags

Mungkin Anda tidak memperhatikan? Sebenarnya dalam blog gado-gado bernama Umum Sekali ini terdapat berbagai gaya penulisan.

Mulai dari yang menghentak, keras mengkritik. Nakal dan agak mencemooh. Sampai pada panjang nan membosankan.

Penulisannya pun beragam, ada yang sesuai EYD atau Ejaan Yang Disempurnakan, banyak yang tidak.

Semuanya saya coba lakukan disini. Toh, sudah sejak awal "kebebasan" adalah kata kunci disini. Jadi saya memanfaatkannya untuk berkreasi sebanyak mungkin, terutama dalam hal topik, tema dan gaya menulis.

Tidak ada kekangan mengenai personal branding atau image yang ingin disampaikan oleh blog ini. Blog ini bukan blog niche, alias gado-gado, campur aduk, apalah namanya terserah yang Anda mau pakai. Agak sulit membuat personal branding dalam sebuah blog yang sifatnya tidak tentu arah ini.

Satu-satunya image yang bisa disampaikan kepada pembaca (kalau ada) adalah "kebebasan" itu tadi. Sebebas bebasnya.

Meskipun demikian, ternyata kebebasan yang ada itu selain melahirkan banyak ide dan pemikiran baru yang berbeda dari sebelum-sebelumnya, saya juga berhasil mendapatkan beberapa tehnik dan gaya menulis yang baru. Sesuatu yang saya perhatikan akan bermanfaat sekali untuk blog-blog niche yang sedang dipersiapkan.

Mengapa saya lakukan itu, karena saya menyadari bahwa penulisan sebuah artikel, misal di blog tehnologi dengan di blog parenting atau orangtua jelas berbeda. Oleh karena itu saya harus terus memperdalam pengetahuan tentang berbagai gaya menulis.

Caranya, ya dengan menulis itu tadi. Saya harus coba mengembangkan diri sendiri, keluar dari kebiasaaan gaya menulis selama ini. Hanya dengan cara itu, maka akan ditemukan berbagai gaya lain yang memperkaya tehnik menulis saya sendiri. Banyak yang mengatakan bahwa membaca dapat membantu, tetapi sebanyak apapun Anda membaca tanpa mempraktekkannya sendiri, kita tidak akan bisa menguasai gaya menulis itu.

Oleh karena itu, blog gado-gado yang bisa diisi bermacam ragam topik adalah sebuah wadah yang tepat sebagai tempat dan ajang berlatih gaya menulis.

Sambil berlatih gaya penulisan, sambil memastikan bahwa blog Umum Sekali tetap berjalan dan hidup. Tidak rugi juga.

Artikel Terkait