Selasa, 28 Juni 2016

Tips Fotografi : Cara Mendapatkan Langit Biru Sebagai Background (Golden Hours)

Tags

Bagi Anda yang mungkin penasaran bagaimana cara mendapatkan langit biru sebagai background dalam sebuah foto, mungkin artikel ini bisa membantu.

Tidak sulit. Tetapi, bisa juga menjadi sangat sulit. 

Mengapa disebut demikian? Karena untuk mendapatkan hasil seperti pada foto di atas, yang dibutuhkan bukan alat atau kemampuan atau skill mengoperasikan kamera. Latar belakang langit biru di atas dihasilkan hanya dari sebuah kebiasaan.

Kebiasaan itu adalah BANGUN PAGI.


Ya, betul bangun pagi adalah kuncinya.

Dalam dunia fotografi dikenal istilah yang namanya GOLDEN HOUR atau jam-jam keemasan. Pada waktu inilah pencahayaan alami akan memberikan efek positif atau baik bagi sebuah foto.

Nah, latar belakang langit biru itu seringkali hanya bisa didapat pada pagi hari. Waktunya berkisar antara pukul 6 hingga 8 pagi.

Oleh karena itulah, banyak fotografer profesional yang rela bangun pagi sekali hanya untuk menunggu datangnya sang langit biru.

Hal itu mungkin terjadi karena polusi udara di berbagai kota besar yang mulai terasa setelah pukul 8 mulai menutupi atmosfir sehingga warna langit berubah.

Jadi, bila Anda ingin mendapatkan langit biru sebagai background, relakanlah waktu tidur Anda. Bangunlah lebih pagi dari biasanya dan kemudian berjalanlah untuk mencari lokasi dimana langit biru bisa menambah indah foto Anda.

(Foto di atas dihasilkan oleh kamera Fuji Finepix HS 35EXR di kawasan Taman Air Mancur Bogor)

Artikel Terkait