Kamis, 30 Juni 2016

Rumput Tetangga Selalu Lebih Hijau

Rumput tetangga selalu lebih hijau. Sebuah pepatah yang berarti apa yang orang lain miliki sepertinya terlihat selalu lebih baik dibandingkan apa yang kita miliki.

Pepatah itu tidak salah sama sekali karena naluri manusia adalah selalu tidak puas. Di akan terus mencari sesuatu yang dianggapnya lebih baik.

Cara pertama yang dilakukan untuk mendpatkan itu adalah dengan cara membandingkan dengan apa yang orng lain miliki. Tujuannay untuk mencari tolok ukur apakah dia sudab mendapatkan yang terbaik atau belum. Kalau dirasa belum, maka bergegaslah sang manusia untuk mendapatkan hal yang sama dengan yang dijadikan pembanding.

Dari sinilah, lahir yang namanya sifat kompetitif. Persaingan.

Dalam kehidupan, karena kebutuhan manusia sangat banyak ragamnya, maka apa yang diperbandungkan pun hampir tidal terbatas jenisnya. Mulai dari jenis televisi yang ditonton hingga ke suami atau istri pun akan dibqndingkan. Mana yang lebih bagus dan baik.

Kalau hal itu memberi KEPUASAN pada sang manusia, maka ia akan berhenti untuk membandingkan. Sayangnya biasanya hanya untuk SEMENTARA. Begitu ada hal lain yang dirasanya kurang, ia akan kembali terjun bersaing. Harus menang! Harus lebih baik.

Hal itu akan terus berulang dan berulang karena kepuasan manusia tidak akan pernah ada ujungnya. Nafsu manusia untuk memberikan kepuasan pada dirinya sendiri itu seperti tak berbatas. Jadi hal itu akan terus berulang.

Kecuali kalau si manusia menyadari bahwa ada fakta lain tentang manusa.

Manusia itu dilahirkan berbeda.

Tidak ada manusia yang 100 persen sama. Oleh karena itu masing-masing akan menjalani kehidupan yang berbeda pula. Kalau memang sudah berbeda, tujuan hidupnya akan berbeda juga.

Lalu untuk apa diperbandingkan. Sesuatu yang berbeda sulit dan hampir tidka mungkin diperbandingkan. Rumput gajah mini dan rumput Jepang tidak mungkin bisa diperbandingkan karena bentuknya saja berbeda, ukuran helai daun juga berbeda. Hasilnya penampakan warna juga akan berbeda.

Jadi bagaimana bisa kita mengatakn RUMPUT TETANGGA SELALU LEBIH HIJAU kalau kenyataannya sejak awal sudah berbeda.

Kalau manusia menyadari fakta ini, mereka akan lebih banyak beesyukur dan menerima apa yang dimiliki. Dengan itu maka matanya tidak akan lagi menghasilkan kesan kepada otak bahwa Rumput tetangga selalu lebih hijau, yang disampaikan adalah rumput tetangga berbeda jenisnya. Tudak perlu dibandingkan.

Hidup pun akan menjadi lebih tenang.

Artikel Terkait