Senin, 27 Juni 2016

Mengapa Pakaian Berwarna Tua Sering Luntur ?

Para ibu atau asisten rumah tangga di rumah pasti sudah sangat paham dengan hal ini. Mereka biasanya àkan memisahkan baju berwarna putih atau muda dari pakaian berwarna gelap atau tua,

Mereka menyadari bahwa ada kecenderungan pakaian dengan warna gelap untuk luntur. Hal itu tentu berbahaya bagi pakaian yang lain. Lunturan zat warna nya bisa menodai pakaian yang lain.

Mengapa baju atau celana berwarna tua seperti hitam, merah marun, burgundy atau biru donker cenderung luntur ketika dicuci?

Memang tidak semuanya begitu. Tetapi mayoritas pakaian berwarna gelap memang agak riskan luntur. Hal itu normal karena konsentrasi zat pewarna tekstil pada warna tua jauh lebih tinggi dibandingkan warna yang lebih muda. Saking tingginya ada banyak partikel zat warna yang tidak masuk pada serat kain, mereka hanya menempel pada permukaan serat.

Otomatis ketika terkena air, maka zat warna yang hanya menempel tadi akan tersapu dan terbawa air. Itulah yang disebut luntur.

Memang ada cara pencegahan supaya tidak luntur, yaitu mempergunakan zat warna yang lebih berkualitas. Hanya hal itu akan berarti harga naik dan tidak 100% menjamin tidak luntur.

Jadi cara teraman untuk mengurangi efek kelunturan adalah dengan memisahkan pakaian berwarna tua dari yang berwarna putih atau terang. Jangan dicampur ketika mencuci.

Artikel Terkait