Minggu, 26 Juni 2016

Mengapa Baju Murah Gampang Luntur ?

Baju murah gampang luntur - Seringkali banyak orang bergembira dan bangga ketika berhasil membeli pakaian, entah celana atau baju, dengan harga murah. Sebnah keberhasilan yang menunjukkan kemampuan menawar yang sangat baik.

Hanya, kemudian, biasanya kekecewaan menyusul karena pakaian tersebut ternyata luntur warnanya. Bisa juga menjadi cepat kusam.

Kalau kusam tidak terlalu masalah, tetapi kalau luntur dan menyebabkan pakaian yang dicuci bersamaan berubah warna dan ikut rusak, tentu sangat menyebalkan.

Nah, sebenarnya, hal itu bukanlah sesuatu hal yang aneh. Memang tidak semua pakaian yang dibeli dengan harga rendah akan mengalami hal seperti ini, tetapi banyak sekali kasus-kasus seperti terjadi sehari-hari.

Inti dasarnya sebenarnya bisa dilihat dari beberapa kutipan, seperti :

  • Harga tidak menipu
  • Ada harga ada kualitas
Kalimat ini pasti sudah dipahami oleh banyak orang bahwa untuk mendapatkan kualitas yang bagus seseorang harus bersedia membayar mahal.

Kalimat-kalimat ini juga berlaku di dunia tekstil.

Banyak produsen kain atau pakaian akan merendahkan standar kuliats mereka ketika memasuki ceruk pasar dengan target harga murah.

Mereka memakai bahan-bahan yang lebih murah. Zat warna tekstil yang dipakai pun berbeda dengan barang untuk kalangan yang mampu membayar lebih mahal. Bahan yang dipakai adalah yang serba murah untuk menghasilkan produk yang murah juga. Kualitas tidak ditekankan disini, bahkan diabaikan

Apalagi di Indonesia belum terbentuk standar kualitas yang bisa dijadikan pegangan bagi konsumen.

Biasanya zat pewarna tekstil murah memiliki kecenderungan untuk tidak tahan terhadap air. Begitu juga bahan lain yang dipergunakan akan menyesuaikan dengan harga murah tersebut.

Oleh karena itu, tidak mengherankan kalau baju murah gampang luntur. Sejak awalnya memang pakaian-pakaian ini tidak dibuat dengan mengedepankan kualitas, tetapi lebih memprioritaskan harga yang terjangkau.

Jadi, jangan terlalu heran kalau baju murah Anda akan tidak tahan lama dan luntur. Sejak awal memang kualitas tidak menjadi dasar pembuatannya. Yang menjadi dasar adalah harga murah.

Artikel Terkait