Kamis, 30 Juni 2016

Fotografi Jalanan : Mencoba Menggali Keindahan Dari Sesuatu Yang Membosankan

Tags


Pasti sudah pernah dong mendengar yang namanya fotografi jalanan. Itu loh, kegiatan potret memotret yang mengambil obyek dari kehidupan keseharian dan berada di ruang publik.

Ruang publik ini sendiri sebenarnya simpel pengertiannya, yaitu lokasi yang bukan milik pribadi. Bentuknya bisa berupa taman, bangunan atau bahkan jalan.

Obyeknya sendiri beragam, bisa manusia, bisa binatang, bisa sekedar arsitektur bangunan. Selama obyeknya berada di ruang publik, bisalah karyanya disebut hasil fotografi jalanan.

Bataaan perlengkapan? Tidak ada. Dunia fotografi tidak membuat kategori berdasarkan berapa mahal atau canggih perlengkapan yang dipakai. Mau pakai HP atau DSLR berharga ratusan juta, selama hasilnya menarik dan bagus, jempol tetap akan diberikan pada fotografernya.


Nah, karena obyeknya diambil dari sesuatu yang terjadi di jalanan, kebanyakan fotografer jalanan tidak bisa mengatur model atau obyeknya. Mereka bergantung pada kejelian mereka untuk menangkap momen-momen yang terjadi di jalanan.

Para fotografer jalanan tidak bisa mengandalkan pada kecantikan atau kemolekan seorang model. Kalau sedang beeuntung, mungkin saja ada yang bening-bening leqat di depan mata, tetapi kebanyakan yang ditemui biasanya adalah kehidupan yang biasa saja. Sesuatu yang umum dan tidak ada istimewanya.

Hanya kenyataannyà, banyak sekali hasil karya fotografer jalanan yang sangat memukau. Sarat emosi dan tidak bedanya dengan karya seni. Salah satu contohnya adalah karay Erik Prasetya, dedengkot fotografi jalanan Indonesia yang terkenal dengan estetika banalnya.

Padahak lokasi pengambilan obyeknya adalah di sekitar Jalan Sudirman atau Thamein, Jakarta saja. Tidak ada banyak hal yang membuat kita terpukau, semuanya biasa saja. Tetapi, di tangan fotografer jalanan yang handal, semua berubah jadi swsuatu yang menarik dan memikat.

Di tangan mereka sesuatu yang sebenarnya sangat membosankan bisa memancing mata untuk melihat. Fotografi jalanan adalah tentang membuat keindahan dari sesuatu yang membosankan.

Saya sudah setahun terakhir mencoba menerapkan beberapa tehnik fotografi jalanan. Masih jauh dari mahir, tetapi silakan nilai sendiri dua foto di tulisan ini, apakah mata Anda terpancing melirik? Tidak ada sesuatu terlintas di kepala ketika melihatnya?

Kalau ada, boleh lah dishare di kolom komentar.


Artikel Terkait