Selasa, 28 Juni 2016

Contoh Anti Mainstream - Iklan #KerenHakSegalaBangsa

Sebelum ini saya sudah menulis tentang apa itu Anti Mainstream? Anda sudah membacanya? Kalau belum silakan lihat di tulisan tentang Apa itu Anti Mainstream.

Tapi tentu Anda akan sulit membayangkan seperti apa sih istilah itu bila diterapkan dalam keseharian.

Bisa dimaklum karena lebih mudah membaca teori dibandingkan mencoba menelaahnya dari kenyataan di lapangan.

Nah, kebetulan saya melihat sebuah ikaln lucu dan unik di Commuter Line. Iklan ini dari Ramayana Dept Store, tentu namanya iklan untuk promosi. Tetapi, isinya unik, lucu dan menarik perhatian. Judulnya #KerenHakSegalaBangsa

Yang paling menarik dari iklan ini adalah sangat sesuai dengan istilah Anti Mainstream.

Silakan coba lihat dulu video di Youtube ini.


Ada dua tokoh disana

  • Tukang Nasi Goreng
  • Penjual Jamu
Keduanya mengambil langkah yang sama, MENJADI BERBEDA. Dalam artian mereka tidak mengikuti kebiasaan atau tradisi bagi kedua jenis profesi itu.

Sebagai contoh, sang tukang jamu. Apa yang ada di pikiran Anda kalau mendengar profesi itu. Biasanya seorang wanita berkain, mengenakan kebaya, disanggul atau dikonde , memakai sandal ann membawa bakul jamu.

Dalam video ini, berbeda. Sang tukang jamu, mengenakan rok mini, berkemeja, memakai topi, mengenakan sepatu, serta jam tangan modis. Yang sama hanya bakul jamunya.

Tokoh kedua, sang tukang nasi goreng. Biasanya mereka hanya berpakaian lusuh, tidak bergaya, sederhana dan penuh peluh. Jauh dari kata keren.

Berbeda dengan tokoh di iklan #KerenHakSegalaBangsa ini. Ia bergaya bak anak gaul, dengan topi di balik, rantai dan bahkan cara menggoreng nasinya yang "metal".

Nah, itulah contoh Anti Mainstream yang paling baik yang bisa saya temukan. Mereka memilih jalan berbeda dengan image yang ada di pikiran orang banyak. Mereka melakukan sesuatu yang bertentangan dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat.

Mereka menjadi Berbeda.

Apakah mereka salah? Tidak! hashtag itu , #KerenHakSegalaBangsa dengan tepat menjabarkan bahwa tidak ada larangan untuk melakukan itu. Semua orang berhak menjadi apa yang mereka mau, termasuk menjadi orang keren. Profesi tidak lah harus mengikat dan mengekang.

Tokoh dalam iklan tersebut menjadi dirinya sendiri. Dirinya yang mereka inginkan dan bukan apa yang orang lain inginkan.

Itulah contoh Anti Mainstream. Tonton iklannya lucu kok (bukan promosi Ramayana tetapi memang iklannya menarik dan membuat banyak orang di Commuter Line nyengir).

Saya yakin Anda juga akan tersenyum menontonnya.



Artikel Terkait