Selasa, 21 Juni 2016

Blogger (Juga) Perlu Istirahat

Tags

Blogger juga perlu istirahat.

Kenapa? Karena blogger itu tetap manusia. Bahkan mesin sekalipun ada saatnya perlu dihentikan untuk melakukan overhaul atau perawatan. Bagaimana dengan manusia?

Memang seringkali semangat untuk meraih kesusksesan mendorong manusia untuk tahan terhadap penderitaan.

Pinggang pegal. Mata lelah. Kaki sudah kesemutan. Seringkali hal-hal tersebut diabaikan karena kita sedang mendapatkan ide bagus untuk sebuah artikel. Rasanya tentu sayang sekali mood yang sedang menanjak harus diredam dan dihentikan.

Tidak akan disalahkan dan dipungkiri karena kesuksesan hanya bisa digapai dengan kerja keras dan kerja keras.

Tetapi, tetap saja ketahanan manusia ada batasnya. Kalau hal itu dilakukan terus menerus justru akan merugikan kita sebagai blogger.

Ngeblog atau blogging adalah sebuah kegiatan jangka panjang. Bila diibaratkan lebih mirip dengan maraton dibandingkan lomba sprint jarak dekat. Sejak awal harus disadari bahwa perjalanan ngeblog akan memakan waktu tidak sebentar.

Oleh karena itu kita harus maembuat manajemen waktu dengan baik. Dalam manajemen waktu yang baik, dimanapun, bahkan di pabri sekalipun harus ada yang namanya waktu istirahat.

Begitu pula sebagai blogger, kita harus tahu kapan harus istirahat. Ketika badan kita, mata, kaki, telinga sudah memberikan sinyal kelelahan, istirahatlah.

Istirahat itu sangat perlu untuk mengumpulkan tenaga kembali. Istirahat penting untuk mengembalikan semangat bekerja dan bertarung. Kalau tidak disediakan waktunya, maka tubuh kita sendiri akan tersiksa. Dengan kondisi seperti ini, jangan diharapkan akan ada ide bagus untuk membuat artikel. Yang ada adalah rasa sakit.

Lagi juga, kalau diteruskan dan menyebabkan kita sakit, maka hasilnya justru akan membuat kekonsistenan terganggu. Ritme yang sudah berjalan bagus akan terhambat ketika kita sakit dan tidak mampu melakukan apapun. Meskipun semangat tetap tinggi, kalau tubuh tidak mengijinkan, tidak akan ada yang bisa dilakukan.

Jadi, Kawan Blogger, ISTIRAHATLAH. Terima lah kenyataan bahwa blogger tetap manusia yang berarti blogger juga perlu istirahat.

Selamat malam kawan, selamat beristirahat.



Artikel Terkait