Senin, 27 Juni 2016

7 Fakta Menarik Tentang VW Kodok

Pernah melihat VW Kodok? Kalau belum silakan lihat foto di samping ini.

Foto ini merupakan gambar dari sebuah mobil legendaris sepanjang masa, VW Beetle atau di Indonesia dikenal sebagai VW Kodok.

Banyak sekali fakta menarik yang terkait dengn mobil yang bentuknya sangat sederhana ini.


7 fakta menarik tentang VW Kodok

1)  Peninggalan dari Adolf Hitler


Walau tidak tepat 100% kalau disebut demikian, tetapi sejarah mencatat bahwa pembuatan mobil ini diprakarsai oleh Der Fuhrer, Adolf Hitler yang menginginkan mobil murah, tahan banting, dan bisa diproduksi banyak bagi rakyatnya.

2) Perancangnya adalah pendiri Porsche

Tentu anda sering berdecak kagum kalau melihat sebuah mobil sport dengan nama Porsche tersemat. Yang terbayang adalah harganya yang mahal, kemampuan untuk diajak ngebut dan prestise.

Pernahkah disadari bahwa pendiri perusahaan tersebut, Ferdinnd Porsche adalah perancang dari VW Kodok. Yang satu sederhana dan dibuat semurah mungkin, yang satu mahal dan menujukkan eksklusivitas, tetapi bisa dikata keduanya berasal dari tangan yang sama.

Ferdinand Porsche adalah perancang yang dikontrak Hitler untuk mewujudkan impian mobil murahnya di tahun 1930-an

3) Diproduksi selama 65 tahun

Produksi pertama VW Kodok dikeluarkan tahun 1938 dan produksi terakhir dirilis tahun 2003 di Brazil. Sebuah pencapaian lur biasa karena berarti mobil ini diproduksi terus menerus selama 65 tahun.

Sangat jarang ada mobil yang diproduksi selama 65 tahun. Sebuah rekor yang masih dipegangnya hingga saat ini.

4) Pemegang rekor mobil terbanyak dijual selama 25 tahun

Pada tahun 1972, VW Kodok menjadi pemegang gelar sebagai mobil yang terjual terbanyak di dunia melampaui Ford Model T. Pada saat itu penjualan total VW Kodok sudah melewati angka 15 juta buah.

Posisi ini baru bisa terlampau 25 tahun kemudian, yaitu di tahun 1997 ketika Toyota Corolla mengambil alih. Meskipun demikian VW Kodok tetap berada di posisi kedua terbanyak hingga saat ini.

5. Lahir dengan nama KdF-Wagen

VW Kodok lahir dengan nama yang berbeda dari yang dikenal saat ini. Pada saat lahir Hitler memberinya nama Kdf Wagen, singkatan dari  Kraft-durch-Freude-Wagen "Mobil Kegembiraan Dari Kekuatan". Nama tersebut diberikan pada tanggal 26 Mei 1938.

6. New York Times yang menjulukinya "The Beetle"

Nam VW Beetle yang dikenal melebihi nama aslinya diberikan oleh New York Times dimana pada edisi tanggal 3 Juli mereka menerbitkan berita tentang Mobil Rakyat nya Porsche.

7. Diproduksi masal 11 tahun setelah produksi pertama keluar

Meskipun dirilis pertama kali tahun 1938, tetapi produksi masal dari mobil rakyat ini baru dilakukan tahun 1949. Perang Dunia II di Eropa adalah penyebab tidak adanya produksi masal terhadap mobil ini.

Satu tahun setelah produksi masal dimulai, 1950, mobil ini segera menjadi terkenal dan menguasai 40% pasar mobil saat itu


Artikel Terkait